6 Manfaat dalam Memanah - Ghazi Archery Indonesia

6 Manfaat dalam Memanah

8 bulan yang lalu    

Kebanyakan orang awam memandang bahwa olahraga memanah adalah bagian dari hobi yang ringan dan menyenangkan. Hanya menarik anak panah, lalu melesatkannya menuju target. Namun tahukah ? Ternyata banyak hal penting yang bermanfaat bagi diri dalam memanah, salah satunya ialah menumbuhkan sikap fokus. Simak selengkapnya berikut ini.

Fokus

Dalam olahraga memanah, seseorang akan melalui tiga tahapan fokus : (1) Menghilangkan semua gangguan yang ada dalam pikirannya; (2) Menjaga ketenangan kondisi di saat membidik target; (3) Melesatkan anak panahnya menuju target

Apabila kita senantiasa berlatih memanah (melalui tiga tahapan tersebut). Maka secara otomatis, sikap fokus dan konsentrasi terhadap segala ranah kehidupan akan mengakar dalam diri kita.

Kekuatan

Jangan dikira bahwa menarik busur panah itu ringan !

Bisa saja kita mencederai tangan kita sendiri karena terlalu memaksakan diri untuk menarik busur panah. Namun apabila dilakukan secara bertahap, melatih diri dalam menarik busur panah dapat menguatkan otot lengan, dada, dan pundak.

Gerak badan

Dalam waktu 30 menit, aktifitas menarik anak panah saja mampu membakar 140 kalori dalam tubuh kita. Dan jangan lupa kita juga harus melatih diri untuk memanah sambil berjalan agar tubuh bagian bawah juga turut berperan untuk membakar kalori.

Kepercayaan diri

Bahkan dalam kompetisi pun, lawan terberat bagi pemanah adalah dirinya sendiri.

Persentase ketepatan target saat memanah menjadi satu-satunya tolak ukur dimana kita bisa melihat peningkatan skill dalam memanah pada diri kita, di samping tidak lupa untuk selalu juga melatih teknik dan kuda-kuda di saat membidik target. Peningkatan skill ini mampu melahirkan sikap kepercayaan diri, dan tidak ada olahraga yang lebih baik selain memanah dalam mengukur peningkatan skill.

Kesabaran

Walaupun merupakan olahraga ini terlihat menyenangkan, memanah juga bisa membuat kita frustasi. Bisa jadi karena banyaknya anak panah yang meleset dari sasaran atau nyerinya tangan karena terkena sentakan tali busur saat melesatkan anak panah.

Namun satu-satunya kunci agar kita mampu menjadi seorang yang ahli dalam memanah ialah kesabaran dalam berlatih. Senantiasa tidak bosan mengulang-ulang sebuah teknik memanah akan menjadikan kita seorang pemanah yang lebih ulung dari sebelumnya. Dan tentunya juga melatih kita menjadi pribadi yang lebih baik !




Komentar Artikel "6 Manfaat dalam Memanah"